Inspirasi Qurban, Bagi Orang Tua & Anak Shaleh

Posted by Investasi Akhiratku Wednesday, 28 August 2013 0 komentar

Idul Adha, sudah tidak asing lagi di mata umat islam, dan pada waktunya seluruh umat muslim tak terkecuali di Indonesia akan menggelar ritual akbar, sekaligus bakti sosial yang di set Sang Maha Rahman kepada semua umat manusia. Hari raya Idhul Adha disertai penyembelihan qurban sebagai bukti kesyukuran dan ketaatan hati-hati orang yang beriman.

Figur Nabi Ibrahim AS seorang ayah yang menempatkan kecintaan kepada keturunannya dalam kerangka cinta dan taat kepada Allah, yang kemudian diberikan hadiah monumental Allah dalam bentuk ritual Ibadah Haji dan ibadah qurban untuk sekalian umat.

Figur Nabi Ismail AS, seorang anak yang penghambaan dan ketaatan kepada Allah dan ayahandanya , telah diberikan hadiah monumental dimana keturunannya kelak menjadi Nabi terakhir zaman Muhammad SAW. Jual beli yang sangat mulia dipercontohkan Allah kepada manusia yang kemudian hidup termasuk bagi kita di zaman ini.

Sekolah kehidupan terbaik sepanjang masa ini, bak air yang menyegarkan dan mencerahkan di tengah jutaan orang tua yang tidak pernah bersekolah jadi orang tua. sekolah kehidupan terbaik sepanjang masa, bagi generasi keturunan anak Adam yang mencari jati diri. Sanggup menundukkan pretensi untuk mendapatkan keuntungan dan kenyamanan sesaat, dan mendapatkan karunia besar lintas generasi.

Di tengah keprihatinan kita pada pendidikan putra-putri bangsa ini, inspirasi pengorbanan (“qurban ” akar kata dengan “qorib” = dekat), membukakan mata hati kita untuk fokus mengarahkan kehidupan pada kehendak Sang Pencipta. Kehidupan dunia diletakkan sebagai jalan dan jembatan menuju kebahagiaan abadi di akhirat dalam bentuk peribadahan. Artikan ibadah sebagai menginspirasi, memotivasi, beraktivitas dengan merefensikan Kalam Allah dalam semua dimensi ruang dan waktu kehidupan kita.

Betapa Allah memang Maha memahami kita manusia, pelajaran Qurban banyak disadari berdimensi sosial kemasyarakatan yang lekat. Jiwa pengorbanan, kepedulian, kebersamaan dan iktikad memuliakan fitrah kemanusiaan sudah semestinya kita pelihara. Ayat kauniyah, situasi dewasa ini telah memberikan pelajaran berharga betapa kerakusan, sifat egois kita, nafsu saling menguasai telah mendarah daging dan membudaya. Hingga udara kesejukan dan keharmonisan telah berubah menjadi iklim banjir musibah kemanusiaan, yang diperbuat manusia adalah justru yang dilarang Allah.

Situasi yang berbanding terbalik dengan pelajaran ketaatan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Akankah kita membiarkan kehidupan para orang tua dan putra-putri kita tergelontor banjir musibah kemanusiaan ini?

Tentu kita berharap setiap orang tua dan setiap anak kembali pada fitrahnya untuk rindu pada kedamaian, keselamatan dengan cara menemukan kembali jalan Tuhannya, Sang Pencipta, Sang Pemberi Petunjuk. Dan tentu tidak tertipu kepada kesenangan dunia dan liarnya hawa nafsu yang mestinya dikendalikan. Selamat merayakan Hari Raya Idhul Qurban, semoga kita termasuk orang yang mendapatkan karunia Allah berupa pelajaran terbaik sepanjang masa bagi orang tua yang sholeh dan anak yang sholeh, Amiin.

Sumber : http://lpitbias.org


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Inspirasi Qurban, Bagi Orang Tua & Anak Shaleh
Ditulis oleh Investasi Akhiratku
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://investasiakhiratku.blogspot.com/2013/08/inspirasi-qurban-bagi-orang-tua-anak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Tampil Gaya / Beda? (Klik Disini) => Jaket Kulit Asli Pria dan Wanita - M u r a h By: TV | INVESTASI AKHIRATKU.