Sudahkan Keuangan Anda Sehat?

Posted by Investasi Akhiratku Tuesday, 29 October 2013 0 komentar
Saat ini, semakin banyak masyarakat yang mulai berlomba-lomba untuk meraih kehidupan keuangan yang sehat. Namun, darimana mulainya? Salah satu cara terbaik adalah dengan mengevaluasi bagaimana kondisi keuangan saat ini.

Setidaknya, ada 6 ciri-ciri yang dapat membantu Anda memperkirakan seberapa sehat keuangan Anda:

1. Saldo utang KPR
Secara umum, batasan maksimal dalam membayar cicilan KPR adalah 25%. Tapi, hal ini sudah termasuk semua utang KPR yang Anda punya. Cara hitungnya adalah hitung jumlah cicilan KPR bulanan dibagi dengan jumlah gaji sebulan. Apabila hasil untuk Anda melebihi 30 persen, ayo waspada!

2. Saldo utang lain
Sebaiknya, Anda tidak punya utang kartu kredit. Namun, bila ada, jumlahnya tidak boleh melebihi 10% dari gaji sebulan.

3. Dana Darurat
Meski kondisi keluarga bisa berbeda-beda, dana darurat tetap harus dimiliki. Jumlahnya minimal 3x pengeluaran rutin bulanan. Misal pengeluaran rutin Anda diluar komitmen menabung adalah Rp. 5 juta, maka saldo dana darurat yang wajib ada adalah Rp. 15 juta.

4. Proteksi
Asuransi adalah produk keuangan yang bisa memberikan fungsi proteksi terhadap kondisi keuangan Anda. Jika Anda punya tanggungan, asuransi jiwa wajib dimiliki. Nah, jika Anda punya rumah atau mobil, pastikan juga harus terlindungi dengan produk proteksi.

5.  Dana Pensiun
Mempersiapkan dana hari tua adalah tanggung jawab masing-masing, bukan kantor tempat Anda kerja. Pastikan Anda berinvestasi untuk pensiun, tidak sekedar di tabungan saja.

6. Aset yang Terdiversifikasi
Berapa banyak aset inevstasi yang Anda miliki? Keuangan yang sehat harus memiliki aset yang tersebar kedalam beberapa jenis. Misalnya, Anda punya aset finansial sejumlah Rp. 50 juta, maka setidaknya tempatkan dana sebanyak Rp. 25 juta di deposito dan Rp. 25 juta di reksadana campuran apabila Anda berprofil moderat.

 

sumber : www.infobandung.co.id
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sudahkan Keuangan Anda Sehat?
Ditulis oleh Investasi Akhiratku
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://investasiakhiratku.blogspot.com/2013/10/sudahkan-keuangan-anda-sehat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Tampil Gaya / Beda? (Klik Disini) => Jaket Kulit Asli Pria dan Wanita - M u r a h By: TV | INVESTASI AKHIRATKU.