Mengajarkan Arti Lebaran Pada Anak

Posted by Investasi Tuesday 6 August 2013 0 komentar
Namanya juga anak-anak, lebaran pastinya dimaknai berbeda dengan apa yang dipahami orang dewasa. Bagi mereka, lebaran adalah ganti pakaian baru, pulang kampung atau makna lain yang sejenis.
Agar makna Lebaran tidak sebatas pada hal-hal yang sifatnya fisik atau yang masih di permukaan, maka sudah selayaknya kita perlu mengajarkan makna-makna yang lebih dalam, atau yang lebih bersifat ke nilai-nilai, tanpa mengurangi unsur-unsur kesenangan.
Nilai-nilai apa saja yang perlu kita ajarkan ke anak-anak tercinta soal lebaran?
Mempertimbangkan bagaimana perkembangan cara berpikirnya, kita perlu memulainya dari hal-hal yang paling mudah ditangkap, atau dari hal-hal yang paling nyata dilihat oleh anak (kongkret).
Misalnya saja saling maaf-memaafkan. Pada saat kita menjelaskan hal ini, anak kita melihat langsung seperti apa semaraknya semangat orang-orang di sekelilingnya untuk maaf-memaafkan.
Penanaman nilai yang disertai dengan bukti akan jauh lebih cepat menancap dalam diri anak. Akan lebih bagus lagi jika itu kita elaborasi (perjelas dan perluas) mengenai pentingnya berjiwa besar untuk bisa memaafkan orang lain atau meminta maaf.
Nilai lain yang juga penting adalah silaturahmi. Kita bisa menambahkan penjelasan keagamaan mengenai rahasia di balik silaturahmi yang mudah ditangkap oleh anak. Katakanlah misalnya orang yang membiasakan silaturahmi akan dipanjangkan umurnya atau akan dibukakan pintu rejeki yang lebih banyak atau juga akan diberikan berbagai kebaikan dalam hidup.
Di luar itu, buat anak kita, momen Lebaran juga sangat penting untuk dijadikan dasar membangun keeratan hubungan emosional antara kita dengan keluarga besar.
Bagi yang tidak bisa membawa anak-anak pulang kampung, momen Lebaran bisa kita gunakan untuk menanamkan kemandirian. Jika selama ini ada pembantu di rumah yang mengerjakan pekerjaan rumah, kini saatnya mengajarkan pada anak membagi pekerjaan tersebut dengan seluruh anggota keluarga, agar dia juga belajar mandiri. Nah, siapkan berlebaran bersama anak Anda? 

sumber : http://rumahkeluarga-indonesia.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengajarkan Arti Lebaran Pada Anak
Ditulis oleh Investasi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://investasiakhiratku.blogspot.com/2013/08/mengajarkan-arti-lebaran-pada-anak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Tampil Gaya / Beda? (Klik Disini) => Jaket Kulit Asli Pria dan Wanita - M u r a h By: TV | INVESTASI AKHIRATKU.