Alquran & Alhadits tentang Keutamaan Sedekah

Posted by Investasi Friday 16 August 2013 0 komentar
Allah SWT menyebut sedekah sebagai “pinjaman yang baik” (qardhul hasan). Orang bersedekah hakikatnya meminjamkan harta kepada Allah dan Dia pasti akan mengembalikan pinjaman dengan pengembalian yang berlipat ganda.

Para mufasir menerjemahkan “pinjaman yang baik” itu dengan makna “menafkahkan harta di jalan Allah”, yakni menyumbangkan harta untuk meringankan beban orang lain, seperti kaum dhuafa, atau mendanai syiar dakwah dan jihad di jalan Allah.

Sejumlah ayat Quran dan hadits di bawah akan sedikit memberikan petunjuk serta penjelasan tentang keutamaan sedekah, mulai bertambahnya harta kekayaan, hingga keajaiban sedekah yang mampu menyembuhkan penyakit - atas izin Allah.

Ayat-Ayat Sedekah ”Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (pembayarannya oleh Allah) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS.Al-Hadid:18)

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik, maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan kelipatan yang banyak, dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan”. (QS. Al-Baqarah: 245)

“Dan apakah (kerugian) yang akan menimpa mereka jika mereka beriman kepada Allah dan hari akhirat, serta mereka mendermakan (sedekah) sebagian dari harta yang telah dikurniakan Allah kepada mereka?” (QS. An-Nisa:39).

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisik-bisikan mereka, kecuali (bisik-bisikan) orang yang menyuruh bersedekah atau berbuat kebaikan atau mendamaikan di antara manusia dan sesiapa yang berbuat demikian dengan maksud mencari keridaan Allah, tentulah Kami akan memberi kepadanya pahala yang amat besar” (QS. An-Nisa:114).

“Wahai orang-orang yang beriman! Sebarkanlah sebahagian dari apa yang telah Kami berikan kepada kamu, sebelum tibanya hari (kiamat) yang tidak ada jual beli padanya dan tidak ada kawan teman (yang memberi manfaat), serta tidak ada pula pertolongan syafaat dan orang-orang kafir, mereka itulah orang-orang yang zalim” (QS. Al-Baqarah:254).

Hadits-Hadits Sedekah“Sesungguhnya sedekah seseorang walau hanya sesuap, akan dikembangbiakkan oleh-Nya seperti gunung, maka bersedekahlah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Harta itu tidak akan kurang dengan disedekahkan.” (HR. Imam Muslim).

Dari Ali bin Abi Thalib r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Segeralah bersedekah, sesungguhnya musibah tidak dapat melintasi (mendahului) sedekah.” (Razin, Misykât). Ali berkata: "Pancinglah rezeki dengan sedekah." “Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Malaikat yang satu berkata, ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (Muttafaq ‘Alaih dari Abu Hurairah).

sumber : www.alquran-syaamil.com


Salurkan Sedekah Anda melalui Transfer via No. Rekening Nasional Rumah Zakat :
• BCA : 094.3016.001
• Mandiri : 132 000 481 974 5
• BNI Syari'ah : 155 555 5589
(an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia)

*PENTING untuk konfirmasi melalui SMS dengan format :
"Nama_Jenis Donasi_Tanggal Transfer_Jumlah Donasi_Rekening Tujuan" kirim SMS ke +6285724762862
==========================
#informasi lebih lengkap silahkan hub:
YM : wawan_rumahzakat
Email : wawan.hermawan@rumahzakat.org
HP. : +6285724762862
Web : http://www.rumahzakat.org/
http://investasiakhiratku.blogspot.com/

Transfer via No. Rekening Nasional Rumah Zakat :
• BCA : 094.3016.001 
• Mandiri : 132 000 481 974 5 
• BNI Syari'ah : 155 555 5589 
(an. Yayasan Rumah Zakat Indonesia)
 
*PENTING untuk konfirmasi melalui SMS dengan format :
"Nama_Jenis Donasi_Tanggal Transfer_Jumlah Donasi_Rekening Tujuan" kirim SMS ke +6285724762862
==========================
#informasi lebih lengkap silahkan hub:
YM : wawan_rumahzakat
Email : wawan.hermawan@rumahzakat.org
HP. : +6285724762862
Web : http://www.rumahzakat.org/
http://investasiakhiratku.blogspot.com/
- See more at: http://investasiakhiratku.blogspot.com/2013/05/niat-zakat-fitrah-dan-menerima-zakat.html#sthash.TkQzY6X0.dpuf
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Alquran & Alhadits tentang Keutamaan Sedekah
Ditulis oleh Investasi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://investasiakhiratku.blogspot.com/2013/08/alquran-alhadits-tentang-keutamaan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Tampil Gaya / Beda? (Klik Disini) => Jaket Kulit Asli Pria dan Wanita - M u r a h By: TV | INVESTASI AKHIRATKU.