Jangan Menunda Kebaikan

Posted by Investasi Akhiratku Wednesday, 17 July 2013 0 komentar

”Manfaatkanlah lima (keadaan) sebelum (datangnya) lima (keadaan yang lain) : Hidupmu sebelum matimu, sehatmu sebelum sakitmu, waktu luangmu sebelum waktu sempitmu, masa mudamu sebelum masa tuamu, dan kayamu sebelum miskinmu” 
(HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi).

Kalau kita mencerna lebih dalam makna nasehat Rasulullah tersebut diatas, intinya menganjurkan kita untuk tidak menunda melakukan pekerjaan kebaikan. Menganjurkan kita semua untuk menggunakan segenap potensi yang ada dalam diri kita saat ini untuk melakukan kebaikan bagi umat manusia. Karena sesungguhnya menunda-nunda melakukan sesuatu kebaikan dapat menjadi penyebab dari kegagalan dalam hidup ini. Menunda-nunda menggunakan segenap potensi diri kita untuk kebaikan dapat menjadikan kehilangan kesempatan sehingga mengalami kerugiaan dalam hidup ini.

Mengapa demikian? Karena waktu terus berjalan maju dan tidak pernah sedetikpun bergerak mundur kembali. Waktu tidak pernah bisa diulang kembali. Waktu akan melibas siapa saja yang melalaikannya dan tidak menggunakannya untuk kebaikan. Inilah keunikan waktu.

Namun sayangnya, banyak orang yang kurang menyadari hal ini. Mereka ini senang menunda-nunda khususnya dalam melakukan kebaikan-kebaikan. Dengan mudahnya mengatakan aaah masih ada waktu, kan masih ada hari esok, dan lain seterusnya. Mereka yang senang menunda-nunda dalam melakukan kebaikan selalu beranggapan bahwa masih ada hari esok untuk melakukan kebaikan yang seharusnya bisa dilaksanakan hari ini. Mereka ini sangat tidak menyadari bahwa tidak ada jaminan bagi seseorang untuk dapat bertemu dengan hari esok.

Sahabat, ada beberapa alasan yang seharusnya menyadarkan setiap orang untuk tidak menunda-nunda dalam melakukan kebaikan. Untuk tidak menunda-nunda menggunakan potensi yang ada dalam kita untuk kebaikan bagi sesama kehidupan. Alasan-alasan itu diantaranya adalah :


Pertama, waktu yang benar-benar kita miliki sesungguhnya hanyalah hari ini. Waktu terbaik yang pasti kita miliki adalah hanya saat ini. Karena hari kemarin bukan lagi milik kita, tinggal menjadi kenangan dan pengalaman. Sedangkan hari esok adalah sebuah misteri yang tidak kita ketahui. Maka pastikan bahwa setiap memiliki kesempatan gunakan untuk melakukan kebaikan dan jangan pernah menundanya. Pastikan bahwa waktu yang kita miliki hari ini menjadi waktu terbaik kita. Pastikan bahwa hari ini telah kita gunakan sebaik-baiknya untuk bekal kesuksesan kehidupan dunia dan akhirat kita.

Kedua, tidak ada satupun manusia yang dapat menjamin untuk hidup sampai esok hari. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari, karena hari esok adalah milik Allah semata. Maka ketika memiliki kesempatan, pastikan telah menggunakannya untuk hal-hal kebaikan.

Ketiga, tidak ada satupun manusia yang dapat menjamin bahwa esok hari masih memiliki apa yang dimilikinya hari ini. Siapa yang dapat menjamin bahwa esok hari masih diberikan nikmat kesehatan, nikmat kekayaan, nikmat kekuatan, nikmat waktu luang seperti yang dimiliki hari ini? Mereka yang menerima musibah gempa bumi hingga rumahnya luluh lantak, tidak pernah tahu sebelumnya kalau hanya dalam hitungan detik telah menghancurkan semua harta bendanya. Demikian juga pelajaran dari berbagi peristiwa kehidupan lainnya, hanya dalam hitungan detik semuanya bisa menjadi terbalik. Kalau demikian maka janganlah pernah menunda-nunda lagi melakukan kebaikan selagi memiliki kesempatan.

Keempat, orang yang senang menunda melakukan kebaikan dapat menyebabkan terbiasa melakukannya. Kalau sudah merasa terbiasa dengan menunda kebaikan, maka kemudian dapat menjadi suatu kebiasaan buruk. Kalau sudah menjadi kebiasaan buruk, memerlukan energi yang lebih besar lagi untuk dapat mengubahnya atau menghilangkannya.

Masih ada banyak alasan yang lainnya. Namun intinya, janganlah menunda melakukan kebaikan. Apalagi saat ni kita memasuki bukan Ramdhan yang penuh berkah dan ampunan. Adalah waktu terbaik yang kita miliki untuk lebih mensyukuri nikmat Allah dengan lebih banyak menggunakannya untuk kebaikan. Adalah waktu terbaik banyak melakukan kebaikan-kebaikan bagi sesama kehidupan. Kalau memiliki kecukupan harta, mari untuk membantu anak-anak Yatim dan Fakir Miskin yang memerlukan. Kalau memiliki ilmu, gunakan untuk memberikan manfaat bagi banyak orang dan lain sebagainya.

Inilah salah satu bentuk mensyukuri nikmat Allah SWT yang telah dianugerahkan kepada kita. Maka, sungguh amat merugi kalau kita melalaikan nikmat yang telah dianugerhakan dengan tidak segera memanfaatkannya untuk kebaikan.

Semoga Bermanfaat. 
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. 


sumber : www.ekojalusantoso.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Jangan Menunda Kebaikan
Ditulis oleh Investasi Akhiratku
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://investasiakhiratku.blogspot.com/2013/07/jangan-menunda-kebaikan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Tampil Gaya / Beda? (Klik Disini) => Jaket Kulit Asli Pria dan Wanita - M u r a h By: TV | INVESTASI AKHIRATKU.